top of page
  • Writer's pictureTije_

Sama tapi Beda

بسم الله الرحمن الرحيم...


Surat Al Fatihah terdiri dari 7 ayat. Namun, terdapat khilaf (baca: perbedaan) mengenai basmalah yang diikut sertakan dalam surat Al Fatihah. Menurut madzhab Hanafi dan Maliki lafadz بسم الله الرحمن الرحيم tidak termasuk dalam surat Al Fatihah. Dengan perincian ayat sebagai berikut:

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ﴿١﴾ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ ﴿٢﴾ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ﴿٣﴾ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ﴿٤﴾ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿٥﴾ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ﴿٦﴾ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ ﴿٧﴾

Sedangkan, menurut madzhab Syafi'i dan Hambali lafadz بسم الله الرحمن الرحيم termasuk dalam surat Al Fatihah. Dengan perincian ayat yang sering kita temui di Indonesia, sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ ﴿١﴾ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ﴿٢﴾ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ ﴿٣﴾ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ﴿٤﴾ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ﴿٥﴾ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿٦﴾ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ ﴿٧﴾

Mengapa jumlahnya ayatnya sama meskipun berbeda peletakan waqofnya?

Hal itu dikarenakan, surat Al Fatihah sudah di naas dalam Al Qur'an terdiri dari tujuh ayat.

وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنَ الْعَظِيمَ ﴿٨٧﴾

Oleh sebagian ulama' mentafsirkan

"سبعا من المثاني"

sebagai tujuh ayat yang diulang-ulang. Tujuh ayat itu merupakan surat Al Fatihah yang dalam seharinya minimal seorang muslim membacanya sebanyak 17 kali dalam sholat fardlu.


والله اعلم بالصواب...

7 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page